Menu
www.lazada.com

Harga Kedelai Melambung, Produsen Tahu dan Tempe Tanjungpinang Mogok

  • Written by 
Pembuat Tahu di Tanjungpinang (f.heny/kepribangkit) Pembuat Tahu di Tanjungpinang (f.heny/kepribangkit)

TANJUNGPINANG, Lampungterkini.co.id- Penjual tahu dan tempe di Kota Tanjungpinang mulai hari ini Selasa 3 September hingga Rabu 4 September 2013 sepakat meliburkan diri atau istirahat memproduksi tahu dan tempe.

 

Kasmin, salah satu pengusaha tahu yang bertempat tinggal di Jalan Engku Putri Tanjungpinang ditemui Selasa 3 September 2013 menuturkan dirinya bersama pengusaha tahu dan tempe yang lain telah sepakat untuk istirahat selama dua hari. Hal ini dilakukan sebagai wujud sikap dalam menghadapi kenaikan harga kedelai di pasaran.

Menurutnya, pengusaha tahu dan tempe akan kembali beroperasi memproduksi tahu dan tempe pada hari Kamis 5 September 2013. Namun ada yang berbeda dari produksi sebelum istirahat. Yakni pengusaha tahu dan tempe akan sepakat menaikkan harga tahu dan tempe di Kota Tanjungpinang. “Harga tahu ukuran kecil sebelumnya Rp600 per biji akan naik menjadi Rp800 per biji. Sedangkan tahu ukuran besar Rp700 naik menjadi Rp1000 per biji,” papar Kasmin.

Harga kedelai di pasaran saat ini sudah menembus Rp9 ribu mendekati Rp10 ribu per kg. Sebelumnya harga kedelai hanya Rp7400 per kg. Menurut Kasmin, meski selama beberapa hari lalu harga kedelai sudah naik, namun pengusaha tahu dan tempe masih bertahan untuk memproduksi tanpa menaikkan harga ataupun memperkecil ukuran tahu ataupun tempe.

Jika harga kedelai kelak kemudian hari mengalami penurunan, Kasmin mengatakan harga tahu dan tempe kemungkinan tidak turun melainkan ukuran tahu dan tempe akan diperbesar dari ukuran sekarang.

(Kepriterkini.com)

back to top
Hosting Unlimited Indonesia

Silahkan Komentar